MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN

Harahap, Lola Wita (2017) MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA DAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara anak di PAUD Kasyafatul Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara melalui metode bercerita dengan menggunakan media boneka tangan di PAUD Kasyafatul Islam Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B yang berjumlah 15 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Data penelitian dikumpulkan dengan metode observasi dengan instrumen berupa lembar format observasi serta teknik analisis data menggunakan lembar ceklis mengenai perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita menggunakan media boneka dapat meningkatkan perkembangan bahasa dan kemampuan berbicara siswa yang ditunjukan melalui hasil peningkatan perkembangan bahasa anak sebesar 30,9 pada pra siklus, 63,47 pada siklus I, dan 91,26 pada siklus II, sedangkan untuk peningkatan kemampuan berbicara sebesar 41,21 pada pra siklus, 69,64 pada siklus I, dan 92,67 pada siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita; Kemampuan berbicara; Kemampuan bahasa; Boneka tangan; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Jan 2018 04:21
Last Modified: 13 Jan 2018 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28152

Actions (login required)

View Item
View Item