ANALISIS MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN TIPE KEPEMILIKAN PERUSAHAAN TERHADAP PEMILIHAN AUDITOR EKSTERNAL PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2014)

Habeahan, Marsius Sendy and Habibi, M. Ridha (2017) ANALISIS MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE DAN TIPE KEPEMILIKAN PERUSAHAAN TERHADAP PEMILIHAN AUDITOR EKSTERNAL PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2014). Jurnal Mediasi, 06 (02). pp. 73-93. ISSN 2085-6342

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh mekanisme Corporate Governance yang terdiri dari Persentase Saham Terbesar, Ukuran Dewan Komisaris dan Komite Audit dengan Tipe Kepemilikan Perusahaan terhadap pemilihan Auditor Eksternal perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah mekanisme Corporate Governance yang terdiri dari Persentase Saham Terbesar, Ukuran Dewan Komisaris dan Efekivitas Komite Audit dengan Tipe Kepemilikan Perusahaan berpengaruh terhadap kebijakan pemilihan Auditor Eksternal perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2013-2014. Dari 131 perusahaan manufaktur yang terdaftar, dipilih 39 perusahaan dengan menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 18. Hasil uji F secara simultan menunjukkan bahwa Variabel Tipe Kepemilikan Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Efektivitas komite audit, Persentase saham terbesar secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap pemilihan Auditor Eksternal perusahaan dengan nilai signifikansi 0,0 dimana lebih kecil dari 0,05. Ini menandakan Tipe Kepemilikan Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Efektivitas komite audit, Persentase saham terbesar secara serempak berpebgaruh secara signifikan terhadap variabel pemilihan Auditor Eksternal perusahaan dengan nilai signifikansi > 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Variabel Tipe Kepemilikan Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Efektivitas komite audit, Persentase saham terbesar secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap pemilihan Auditor Eksternal.

Item Type: Article
Keywords: Corporate governance; Dewan komisaris; Komite audit; Kepemilikan perusahaan; Auditor eksternal; Saham
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB238 Competition. Production. Wealth
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28146

Actions (login required)

View Item View Item