PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI SISWA KELAS III SD AL-WASHLIYAH 01 MEDAN

Tanjung, Dina Syafriani and Harahap, Aprilinda M. (2017) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI SIFAT-SIFAT TERPUJI SISWA KELAS III SD AL-WASHLIYAH 01 MEDAN. Jurnal Mediasi, 06 (02). pp. 60-72. ISSN 2085-6342

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview

Abstract

Tujuan umum dari penelitian untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas III SD Al-Wahliyah 01 Medan pada pembelajaran aqidah akhlak materi sifat-sifat terpuji. Serta bertujuan khusus untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran aqidah akhlak materi sifat-sifat terpuji siswa kelas III SD Al-Washliyah 01 Medan. Dan untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan metode demonstrasi pada pembelajaran aqidah akhlak materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas III SD Al-Washliyah 01 Medan. Penelitian tindakan kelas ini meneliti siswa-siswi kelas III SD Al-Washliyah 01 Medan yang merupakan subjek dalam penelitian, yang berjumlah 16 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Data-data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara observasi, interview, dokumentasi dan tes. Selanjutnya data tersebut diolah dengan deskriptif kualitatif, yakni suatu analisa penelitian yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi tertentu yang bersifat faktual secara sistematis dan akurat. Pembahasan hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas III SD Al-Wasliyah 01 Medan mengalami peningkatan bertahap dilihat dari nilai individual siswa maupun nilai rata-rata kelasnya. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai ketuntasan Pra Siklus 25% siswa yang tuntas. Pada Siklus I meningkat menjadi 43,7% siswa yang tuntas. Pada Siklus II tingkat ketuntasan siswa yaitu 87,5% dari kelas. Dan pada Siklus III ketuntasan mencapai 93,75%.

Item Type: Article
Keywords: Metode demonstrasi; Prestasi belajar; Aqidah akhlak; Sifat terpuji; Pendidikan agama islam; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC901 Islamic education
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:35
Last Modified: 13 Jan 2018 03:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28145

Actions (login required)

View Item
View Item