ANALISIS PENGARUH CASH POSITION, FIRM SIZE, DER (DEBT TO EQUITY RATIO) DAN ROA (RETURN ON ASSET) TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Simatupang, Asriwaty Trice and Kholis, Azizul (2017) ANALISIS PENGARUH CASH POSITION, FIRM SIZE, DER (DEBT TO EQUITY RATIO) DAN ROA (RETURN ON ASSET) TERHADAP DIVIDEN PAYOUT RATIO PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Jurnal Mediasi, 06 (02). pp. 1-22. ISSN 2085-6342

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian adalah hal apa yang menjadi dasar penentuan rasio pembayaran dividen suatu perusahaan. Sebab ada salah satu perusahaan yang terdaftar di BEI hanya membayar dividen kepada pemegang saham dengan rasio kurang dari 10% padahal pada periode tersebut perusahaan memperoleh laba bersih lebih dari 1 triliun rupiah.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pengaruh Cash Position, Firm Size, DER (Debt to Equity Ratio) dan ROA (Return On Asset) terhadap Dividen Payout Ratio. Populasi penelitian adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013. Sampel sebanyak 34 perusahaan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa annual report dan laporan keuangan yang diunduh dari www.idx.co.id. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukkan Secara simultan variabel Cash Position, Firm Size, DER (Debt to Equity Ratio) dan ROA (Return On Asset) berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05. Artinya secara bersama-sama variabel Cash Position, Firm Size, DER (Debt to Equity Ratio) dan ROA (Return On Asset) memberikan pengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Secara parsial variabel ROA (Return On Asset) berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05. Artinya semakin meningkat keuntungan yang diperoleh perusahaan atas aktiva, maka semakin besar kemampuan perusahaan membagikan dividen. Variabel Cash position tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai signifikansi 0,781 > 0,05. Artinya posisi kas yang dimiliki perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Variabel Firm Size tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai signifikansi 0,760 > 0,05. Artinya besar atau kecilnya ukuran perusahaan tidak memberikan pengaruh terhadap Dividend Payout Ratio. Variabel DER (Debt to Equity Ratio) tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio dengan nilai signifikansi 0,220 > 0,05. Artinya besaran tingkat hutang yang harus dibayar perusahaan tidak berpengaruh terhadap Dividend Payout Ratio.

Item Type: Article
Keywords: Cash position; Firm size; Dividen payout ratio; Return on asset; Debt to equity ratio
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 12 Jan 2018 09:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28141

Actions (login required)

View Item View Item