PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, AUDIT LAPORAN KEUANGAN, DAN PENERAPAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN

Sinaga, Mahfudzoh and Hidayat, OK Sofyan (2017) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, AUDIT LAPORAN KEUANGAN, DAN PENERAPAN GOOD GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Mediasi, 06 (01). pp. 89-100. ISSN 2085-6342

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Generate index codes conversion from text to indexcodes] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pemerintahan yang masih seringnya terdapat permasalahan dan keraguan akan kebenarannya. Tujuan penelitian ini untuk melihat pengaruh sistem pengendalian internal, audit laporan keuangan, dan penerapan good governance terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh auditor yang ada di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, dan sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 44 auditor dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu auditor yang pernah melakukan audit selama tiga tahun terakhir. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal, audit laporan keuangan, dan penerapan good governance berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan, yang artinya bahwa dengan adanya penerapan sistem pengendalian internal dan hasil audit laporan keuangan yang baik, serta penerapan good governance yang maksimal maka akan semakin menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem pengendalian internal; Good governance; Laporan keuangan; Auditing
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001 Finance management. Business finance. Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 11 Jan 2018 09:57
Last Modified: 13 Jan 2018 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28138

Actions (login required)

View Item
View Item