MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) PADA MATA PELAJARAN IPA

Tarihoran, Siti Marlina (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY (TAI) PADA MATA PELAJARAN IPA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Guru hanya menggunakan model ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru sehingga siswa menemukan kesulitan untuk memahami pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran team assisted individually dalam pelajaran IPA. Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk memotivasi siswa dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran. Model pembelajaran Team Assisted Individually (TAI) akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa. Model pembelajaran Team Asisted Individually (TAI) memiliki dasar pemikiran yaitu untuk mengadaptasi pembelajaran terhadap perbedaan individual berkaitan dengan kemampuan maupun pencapaian prestasi siswa. Model ini termasuk dalam pembelajaran kooperatif. Dalam model TAI, siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok kecil (4 sampai 5 siswa) yang heterogen. Dengan pembelajaran berkelompok, siswa dapat meningkatkan pikiran kritisnya, kreatif, dan menumbuhkan rasa sosial yang tinggi. Dengan model pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengeluarkan pendapat dan mengungkapkan kesulitan-kesulitan yang mereka alami sewaktu proses pembelajaran berlangsung. Pembelajaran IPA dengan dapat membuat siswa aktif dan kreatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Motivasi belajar; Model pembelajaran; Sains; Team assisted individually
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 05:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item