PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM 2013

Asmita, Sri (2017) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SOSIAL SISWA PADA KURIKULUM 2013. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Untuk meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa harus mengikutsertakan siswa dalam yaitu pada dirinya dan antar siswa lain/ teman sekelasnya. Kompetensi sikap sosial siswa ditujukan untuk menilai sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, toleransi, gotong royong, santun, dan percaya diri. Kurikulum 2013 membagi kompetensi sikap menjadi dua, yaitu sikap spiritual yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang beriman dan bertakwa, dan sikap sosial yang terkait dengan pembentukan peserta didik yang berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab. Sikap spiritual sebagai perwujudan dari menguatnya interaksi vertikal dengan Tuhan Yang Maha Esa, sedangkan sikap sosial sebagai perwujudan eksistensi kesadaran dalam upaya mewujudkan harmoni kehidupan. Pada kajian ini adalah bagaimana meningkatkan kompetensi sosial siswa dalam belajar yaitu dengan cara menerapkan model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa dan keaktifan siswa dalam diskusi kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 4-5 orang secara heterogen, tidak membeda-bedakan teman sekelompoknya dan tugas guru membimbing siswa dalam kelompok. Dengan begini proses pembelajaran yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa dalam berdiskusi kelompok.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sikap sosial; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Kurikulum; Kompetensi siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 05:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28109

Actions (login required)

View Item View Item