PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI ERA GLOBAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH

Audina, Putri (2017) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN SIKAP SOSIAL SISWA DI ERA GLOBAL DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Artikel ini menggambarkan peran guru dalam menanamkan sikap sosial siswa di SD dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, dimana di era global ini banyak siswa yang memiliki kemampuan belajar yang baik akan tetapi tidak memiliki sikap sosial yang baik, contohnya, banyak siswa yang suka ribut pada saat guru sedang menjelaskan pelajaran didepan kelas, siswa yang kurang patuh terhadap aturan disekolah, kurang displin dan tidak menghormati bapak dan ibu guru maupun orang tua. Dalam hal ini guru sebagai subyek pendidikan, bertanggung jawab merencanakan segala sesuatu agar proses pendidikan berlangsung. Peran guru merupakan hal yang sangat penting dalam menciptakan proses pembelajaran yang kondusif sehingga terwujud suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan agar prestasi belajar siswa dapat dicapai seoptimal mungkin dan peran guru juga diharapkan dapat memberi sikap yang baik dilingkungan sekolah maupun dimasyarakat. Dan Sekolah Dasar merupakan salah satu jenjang pendidikan yang sangat strategis untuk memberikan wawasan tentang berbagai pengatahuan dan teknologi, membentuk kepribadian dan perilaku setiap individu, menanamkan nilai-nilai, dan juga merupakan jenjang dasar untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan sekolah dasar itu menuntut pengelolahan yang professional dari semua pihak yang terkait, menyadari pentingnya peran guru untuk meningkatkan mutu dari siswa/siswi sekolah dasar agar dapat mempunyai sikap dan nilai-nilai yang baik yang didapat dari masyarakat sebagai kontrol sosial.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sikap sosial; Pembelajaran kooperatif; Make a match; Model pembelajaran; Era global
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology > HM1106 Interpersonal relations. Social behavior
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item