PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN KEMAMPUAN SOSIAL

Nurwahyuni, (2017) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN KEMAMPUAN SOSIAL. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan sosial merupakan masalah yang krusial. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, perlu adanya suatu penerapan pembelajaran yang inovatif dan dapat mengaktifkan siswa di dalam kelas. Salah satu metode contextual Teaching and Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir dan kempuan sosial siswa. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Plomp yang meliputi beberapa fase seperti: 1) fase investigasi awal; 2) fase design/perancangan; 3) fase realisasi/konstruksi; 4) fase tes, evaluasi dan revisi; dan 5) fase implementasi. Instrumen pengumpul data berupa soal tes kemampuan berpikir kritis dan kemampuan sosial, lembar observasi, angket skala sikap dan pedoman wawancara. Diharapkan dari Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan penerapan pembelajaran inovatif dengan metode CTL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan membantu siswa untuk memahami makna materi ajar dengan mengaitkannya terhadap konteks kehidupan mereka sehari-hari (konteks pribadi, sosial dan kultural), sehingga siswa memiliki pengetahuan/ketrampilan yang dinamis dan fleksibel untuk mengkonstruksi sendiri secara aktif pemahamannya. Dengan demikian maka sangat potensial diterapkan di lapangan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan berpikir; Kemampuan sosial; Pembelajaran inovatif; Metode belajar; Contextual teaching and learning
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM1001 Social psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 10 Jan 2018 03:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item