PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL SISWA

Ginting, Susanna (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SIKAP SOSIAL SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Makalah ini membahas tentang meningkatkan kompetensi sikap sosial siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Dalam proses pendidikan pengetahuan siswa harus sebanding dengan sikap sosialnya. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan pribadi siswa secara utuh baik dalam dirinya maupun dalam lingkungannya. Dalam proses pembelajaran masih berlangsung proses teacher centered sehingga banyak siswa yang kurang aktif dan tidak berinteraksi dengan lingkungannya. Siswa membutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa bebas berinteraksi dan menanamkan sikap sosial disiplin, jujur, tanggung jawab dan santun. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah konsep pembelajaran yang menempatkan siswa dapat belajar secara kelompok. Model ini memeberi kesempatan kepada siswa ntuk bekerja sama, mengeluarkan pendapat dan berinteraksi sosial dengan temannya. Pembelajaran kooperatif tipe TGT ini mendukung interaksi siswa. Siswa dituntut untuk bekerja sama, bersaing dan bertanggung jawab untuk mencapai keberhasilan kelompok.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Team games tournament; Pembelajaran kooperatif; Sikap sosial; Kompetensi siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28082

Actions (login required)

View Item View Item