MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS

Manalu, Jimmi Apul Maringan (2017) MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Model pembelajaran cooperative learning merupakan kegiatan pembelajaran dengan cara berkelompok untuk bekerjasama saling membantu mengonstruksi konsep dan menyelesaikan persolalan. Pembelajarn cooperative learning sesuai dengan fitrah manusia sebagai makhluk sosial yang penuh ketergantungan dengan orang lain, mempunyai tujuan dan tanggung jawab bersama, pembagian tugas dan rasa senasib. Dengan memanfaatkan kenyataan itu, pembelajarn IPS secara kooperatif akan melatih siswa untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, tugas dan tanggung jawab. Pada model pembelajaran cooperative learning, pembelajaran IPS dilakukan melalui enam langkah utama. Pelajaran dimulai dengan guru menyampaikan tujuan pelajaran dan memotivasi siswa belajar. Fase ini diikuti oleh penyajian informasi yang sering kali dengan bahan bacaan. Selanjutnya, siswa dikelompokkan ke dalam tim-tim belajar. Pada tahap ini guru membimbing siswa bekerja sama untuk menyelesaikan tugas. Fase terakhir pemelajaran kooperatif meliputi hasil kerja kelompok atau evaluasi tentang apa yang telah siswa pelajari dan memberi penghargaaan terhadap usaha-usaha kelompok maupun individu. Evaluasi dilakukan pada tiga tingkatan, yaitu pada saat presentasi kelompok dievaluasi oleh kelas, kontribusi individual terhadap kelompok dievaluasi oleh teman satu kelompok, presentasi kelompok dievaluasi oleh semua peserta didik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Cooperative learning; Model pembelajaran; Ilmu sosial
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28081

Actions (login required)

View Item View Item