MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK

Akmal, Nurul (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PENERAPAN METODE PROYEK. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Pada ada anak usia dini ada beberapa aspek perkembangan yang harus ditingkatkan, salah satunya adalah kemampuan sosial. Kemampuan sosial adalah pencapaian kematangan dalam hubungan sosial dan dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dan tradisi, meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan berkerjasama. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan sosial anak yaitu melalui penerapan motode proyek. Metode proyek merupakan salah satu motede pemberian pengalaman belajar dengan menghadapkan anak pada kegiatan sehari-hari yang harus dikerjakan secara berkelompok. Permasalahan pada penelitian ini adalah, (1) kurangnya kemampuan anak bersosialisasi dengan temannya (2) pengelolaan kelas yang kurang tepat sehingga kegiatan pembelajaran hanya didominasi oleh anak-anak yang aktif (3) anak kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran (4) metode untuk mengembangkan kemampuan sosial yang digunakan guru kurang bervarias, (5) kurangnya guru memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah dalam kegiatan pembelajaran sebagai sumber belajar. dan (6) kurang tepat penerapan metode proyek yang digunakan oleh guru di dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa melalui penerapam metode proyek dapat meningkatkan kemampuan sosial anak 5-6 tahun di TK AN-NISA Medan pada sub tema tanaman. Sebelum dilakukan tindakan kemampuan sosial anak masih rendah, setelah dilakukan tindakan pada siklus I diperoleh data anak sudah cukup baik namun nilai yang diperoleh anak masih belum mencapai hasil yang maksimal yaitu rata-rata nilai persentase peningkatan 44,25%. Untuk mencapai tingkat keberhasilan, maka dilakukan perbaikan-perbaikan pengajaran pada siklus II yang pada akhirnya menghasilkan nilai rata-rata sebesar 70,25%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan sosial; Metode proyek; Metode belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28079

Actions (login required)

View Item View Item