PENERAPAN MODEL COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Trisna, Febri Nelly (2017) PENERAPAN MODEL COURSE RIVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah dan keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Penggunaannya Di Kelas V-B SDN. 104186 Tanjung Selamat T.A 2015/2016 Dan tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggumpulkan data hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi gaya dan penggunaannya di kelas V-B SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.A 2013/2014 dengan menggunakan model pembelajaran course review horay. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-B SD Negeri 104186 Tanjung Selamat T.A 2015/2016 sebanyak 1 kelas, dengan 42 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 26 orang siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus dan tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan harus melakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data analisis me nggunakan persentase dan analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data, pada tes awal diperoleh secara klasikal 8 orang siswa (19,04%) dengan nilai rata-rata 41,73. Setelah pelaksanaan siklus I, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu 20 orang siswa (47,61%) dengan nilai rata-rata 61,42. Selanjutnya pada siklus II, diperoleh tingkat peningkatan hasil belajar siswa yaitu 37 orang siswa (88,09%) dengan rata-rata 80,50. Berdasarkan dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi Gaya di kelas V-B D SD. Negeri 04186 Tanjung Selamat T.A 2015/2016.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Ilmu sosial; Karakter; Warga negara; Era global; Course review; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:01
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28078

Actions (login required)

View Item View Item