PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM

Megawati, (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem melalui pengembangan media pembelajaran berbasis video di kelas VI SDN 101868 Batang Kuis. Sebagaimana peran media pembelajaran itu penting. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Penelitian ini mengembangakan media pembelajaran video dan model pembelajaran inkuiri dengan model Borg and Gall. Sebagai syarat uji coba pada tahap pengembangan media menggunakan desain eksperimen before after yang melalui uji persyaratan dan uji hipotesis. Berdasarkan uji persyaratan, kedua data berdistribusi normal dan berasal dari varians yang homogen. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran video yaitu sebesar 79,59 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pembelajaran yang tidak menggunakan video (konvensional) yakni sebesar 73,32. Uji hipotesis produk menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan uji coba yang dilakukan dengan menggunakan independent sample t test, maka nilai signifikannya sebesar 0,25<0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Jika dilihat dari nilai t hitung dengan df = 21 nilai t tabelnya adalah 2,080 sedangkan nilai t hitungnya adalah 2,327 > t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran video berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keseimbangan ekosistem.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Video berbasis inkuiri; Ekosistem; Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28076

Actions (login required)

View Item View Item