PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS

Sofiyah, Khotna (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga dan microsoft office powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas II B SDN 200208 Padangsidimpuan. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui 2 siklus. Penelitian ini mengikuti alur model PTK Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II-B SD N 200208 Padangsidimpuan, sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara pemberian tes, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data dengan mencari nilai rata-rata siswa dengan teknik persentase. Indikator keberhasilan ditandai dengan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 75% atau sebesar 21 dari 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran memperoleh nilai KKM ≥ 60 dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran mencapai keberhasilan apabila mencapai ≥ 70%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa data tes kemampuan awal sebelum dilaksanakan tindakan, persentase ketuntasan hasil belajar 42,86% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa. Sedangkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 17 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 60,71%. Kemudian pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 24 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 85,71%. Jadi, peneliti dapat menyimpulkan bahwa model pembelajaran TGT berbantuan media permainan ular tangga dan microsoft office powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Microsoft office; Power point; Ular tangga; Model pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 08 Jan 2018 02:42
Last Modified: 08 Jan 2018 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28074

Actions (login required)

View Item
View Item