PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN STANDAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK SWASTGA MARKUS 2 MEDAN T.A 2017/2018

Tampubolon, Doni Indra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MENJELASKAN STANDAR GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS X TEKNIK SEPEDA MOTOR DI SMK SWASTGA MARKUS 2 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122008 COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122008 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122008 TABLE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122008 TABLE.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 5123122008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajarMenjelaskan Standar Gambar Teknik pada siswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A. 2017/2018.Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Teknik Sepeda Motoryang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas X TSM 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 orang dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 orang. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learninglebih tinggi dari pada model pembelajaran EkspositoriSiswa Kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung> ttabel yaitu (5,10 > 1,671) pada taraf nyata α = 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar menjelaskan standar gambar teknik siswa kelas X TSM SMK Swasta Markus 2 Medan T.A 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak,, Janter P197104101999031002
Call Number: SK-2017 OTM 041
Keywords: problem based learning, hasil belajar, gambar teknik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TH Building construction > TH7700 Illumination. Lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28062

Actions (login required)

View Item View Item