PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK SWASTA MARKUS 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Tambunan, Wanner Marihotd (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS TUTOR TEMAN SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISTEM REM PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN (TKR) SMK SWASTA MARKUS 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 5123122037 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 5123122037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 5123122037 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 5123122037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 5123122037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 5123122037 TABLE.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 5123122037 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 5123122037 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 5123122037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122037 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi Sistem Rem dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya dikelas XI TKR SMK Markus 2 Medan, 2) untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Sistem Rem dengan menggunakan Model Pembelajaran Ekspositori. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TKR 1 dan XI TKR 2 SMK Swasta Markus 2 Medan yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik cluster random sampling, sehingga jumlah sampel penelitian adalah 30 siswa XI TKR 1 (eksperimen) dan 30 siswa XI TKR 2 (kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan tes Pilihan Berganda persyaratan analisis dengan uji normalitas dan homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata- rata pretest kelas eksperimen sebesar 53,83 dan kelas kontrol sebesar 54,33 kemudian perlakuan yang berbeda yaitu model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya dan pembelajaran Ekspositori pada kelas kontrol maka diperoleh nilai rata – rata postes kelas Eksperimen adalah 80 dan kelas kontrol 69,83. Dari hasil uji t diperoleh thitung 5,38 sedangkan ttabel dengan  = 0,05 dan dk = 58 adalah 1,671 sehingga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya terhadap hasil belajar sistem rem pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Markus 2 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaryanto, Eka196511181992031001
Call Number: SK-2017 OTM 036
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning berbasis Tutor Teman Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ751 Miscellaneous motors and engines Including gas, gasoline, diesel engines
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item