PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALLY (TAI) DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X SMKN 5 MEDAN T.A 2017/2018

Marpaung, Steven Brian (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSITED INDIVIDUALLY (TAI) DAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS X SMKN 5 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123321038 COVER.pdf - Published Version

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123321038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123321038 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123321038 PREFACE.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123321038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123321038 TABLES.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123321038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123321038 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123321038 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123321038 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123321038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa menggunakan model Team Assisted Individually lebih tinggi dibandingkan dengan model Ekspositori pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Permesinan di SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang dilaksanakan di 2 kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas X TPM1 dengan jumlah 34 siswa, kelas kontrol adalah kelas X TPM2 dengan jumlah 34 siswa. Kedua kelas tersebut yang menjadi subjek dalam penelitian ini, sementara objek penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individually dan model Ekspositori serta hasil belajar alat ukur, pada kompetensi dasar menggunakan alat-alat ukur. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan observasi berupa pemberian tes hasil belajar. Tes yang diberikan berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Sebelum dilakukan tes di 2 kelas penelitian ini, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda dimasing-masing kelas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Team Assisted Individually sebesar 80,44 dan rata-rata hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model Ekspositori sebesar 65,00. Dari daftar distribusi t dengan dk = 66 dan α = 0,05 didapat ttabel = 1,99. Sementara dari perhitungan dengan rumus uji t diperoleh thitung = 6,723. Maka, hipotesis Ha : μ1 > μ2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Team Assisted Individually lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model Ekspositori pada mata pelajaran Alat Ukur Kelas X Teknik Permesinan SMK Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEfendi, Hidir196101251987031001
Call Number: SK-2017 MSN 091
Keywords: MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY, MODEL EKSPOSITORI, HASIL BELAJAR, ALAT UKUR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ212 Control engineering systems. Automatic machinery (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Dec 2017 10:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/28045

Actions (login required)

View Item View Item