HUBUNGAN KOMITMEN GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU IPA PADA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATUBARA

Riyadi, (2010) HUBUNGAN KOMITMEN GURU DAN PERSEPSI GURU TENTANG GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA GURU IPA PADA SMP NEGERI SE-KABUPATEN BATUBARA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188130046 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (530kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130046 Abstrak.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130046 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130046 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130046 Bab V.pdf - Published Version

Download (757kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130046 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji: (1) hubungan komitmen guru dengan kinerja guru, (2) hubungan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru, (3) hubungan komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru.Populasi penelitian adalah guru IPA SMP Negeri yang tersebar di Kabupaten Batu Bara yang berasal dari 24 sekolah yang berjumlah 80 orang. Untuk ini yang menjadi sampel penelitian diambil dengan cara random sampling. Adapun jumlah sampel adalah 65 orang. Sebelum penelitian dilakukan terlebih dahulu instrumen diujicobakan kepada responden yang bukan sampel penelitian, yakni guru-guru IPA SMP Negeri yang berada di Kabupaten Batu Bara sebanyak 15 orang.Metode penelitian dilakukan dengan jenis penelitian korelasional. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan antara komitmen guru dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,38 dengan persamaan regressi Y= 68,9 + 0,407X1, (2) persepsi guru tentang gaya kepemimpinantransformasional kepala sekolah dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,46 dengan persamaan regressi Y = 64,74 + 0,45X2, (3) terdapat hubungan antara komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0,526 dengan persamaan regressi Y = 44,36 + 0,31X1 + 0,35X2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah mempunyai hubungan yang signifikan dengan kinerja guru. Dengan demikian kepala sekolah perlu memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan komitmen guru dan persepsi guru tentang gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSagala, Syaiful195805091986111001
Thesis advisorSiman, 130879744
Call Number: 371.236 068 Riy h
Keywords: Kepemimpinan; Sekolah; Komitmen; Kepala sekolah; Transformasional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2799

Actions (login required)

View Item View Item