PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017

Sihite, Dorawan Lia (2017) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016 / 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133311002 COVER.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133311002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133311002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133311002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133311002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133311002 TABLES.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133311002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (5kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133311002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 3133311002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133311002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam meningkatkan Kreativitas siswa di SMP Negeri 28 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 28 Medan yang beralamat di Jalan Karya Bersama No.17, Gedung Johor ,Kecamatan Medan Johor,Kelurahan Pangkalan Mansyur Kota Medan, Sumatera Utara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu menggambarkan fenomena dari suatu keadaan melalui perhitungan persentase. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi secara langsung ke SMP Negeri 28 Medan, menyebarkan angket, dan melakukan wawancara. Jumlah populasi dalam penelitian ini seluruh siswa di SMP Negeri 28 Medan yang berjumlah 320 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sebanyak 32 orang dengan mengambil 10 % dari jumlah populasi dengan menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Maka untuk mengolah data yang diperoleh penulis menggunakan tabel frekuensi dengan rumus statistik sederhana. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru PPKn sudah berperan dengan baik dalam membentuk kreativitas siswa. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian ini menunjukkan bahwa 90,64 % peran guru PPKn dalam meningkatkan kreativitas siswa di SMP Negeri 28 Medan sudah berperan dengan baik.Kreativitas siswa dapat dibentuk dari kemampuan guru dalam menyampaikan materi, guru mampu membuat metode pelajaran yang menarik, siswa yang mampu mempersentasekan hasil kelompok di depan kelas, siswa mampu memberikan pendapat atau cara sehingga menjadi ide gagasan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYunita, Sri197006082006042002
Call Number: SK-2017 PKN 119
Keywords: PERAN GURU, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DAN KREATIVITAS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Dec 2017 12:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27984

Actions (login required)

View Item View Item