PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2016/2017

Sianturi, Vitriani (2017) PENGARUH KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DI SMK TAMAN SISWA MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7133341102 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7133341102 COVER.pdf - Published Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7133341102 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7133341102 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7133341102 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7133341102 PREFACE.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7133341102 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7133341102 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7133341102 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7133341102 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7133341102 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7133341102 TABLES.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7133341102 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7133341102 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7133341102 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7133341102 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7133341102 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7133341102 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7133341102 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7133341102 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams Achievement Division dengan Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI AP Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa yang beralamat di Jl. Sabarudin No 8 Medan. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 53 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 20 soal dengan lima option.dimana sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini di uji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α = 0,05.
Dari hasil analisa dan data kelas kelas eksperimen rata-rata pre-test dan post-test yaitu 36,59 dan 80 dengan standar deviasi 10,56 dan 10,65. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung= 10,5925 dan ttabel = 1,674. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung>ttabel yaitu 10,5925 > 1,674. Melalui kriteria pengujian hipotesi dapat ditentukan bahwa jika thitung>ttabel maka hipotesis diterima.
Dapat disimpulkan ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan kolaborasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan kelas XI AP SMK Taman Siswa Medan T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 ADP 072
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DENGAN TEAMS GAMES TOURNAMENT; HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Dec 2017 14:05
Last Modified: 21 Dec 2017 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27934

Actions (login required)

View Item
View Item