PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Sinaga, D. Yuliana (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnasfis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2...

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan Problem Based Learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui sikap siswa terhadap pendekatan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretest dan postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Markus Medan. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas dari kelas VII, yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dan lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah lebih baik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberi pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan Problem Based Learning.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model pembelajaran; Berpikir kreatif matematis; Problem based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27930

Actions (login required)

View Item View Item