PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Lubis, Elfi Lailan Syamita (2017) PENERAPAN METODE SIMULASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, 17 May 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan penerapan metode simulasi pada pembelajaran IPS kelas V MIS Nurul Hasanah Lubuk Pakam. Keterampilan sosial siswa di ukur dari aspek kerja sama, sportif, dan tanggung jawab. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas V MIS Nurul Hasanah Lubuk Pakam yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan metode simulasi dan lembar aktifitas siswa fokus pada keterampilan sosial siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Kriteria yang digunakan untuk mengukur keterampilan sosial siswa ada 4 yaitu (1) berarti keterampilan sosial siswa sangat rendah, (2) berarti keterampilan sosial siswa rendah, (3) berarti keterampilan sosial siswa tinggi, dan (4) berarti keterampilan sosial siswa sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode simulasi pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Peningkatan keterampilan sosial siswa ditunjukkan dengan adanya perubahan kriteri keterampilan sosial siswa dari kriteria lebih rendah menjadi lebih tinggi. Kriteria keterampilan sosial prasiklus sebanyak 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 18 siswa masuk kriteria rendah dan 5 siswa masuk kriteria sedang, 0 siwa masuk kriteria tinggi, dan 0 siswa masuk kriteria sangat tinggi. Kriteria keterampilan sosial siswa Siklus 1 sebanyak 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 2 siswa masuk kriteria rendah, 19 siswa masuk kriteria sedang, 2 siswa masuk kriteria tinggi dan 0 siswa masuk kriteria sangat tinggi. Selanjutnya pada siklus II terdapat 0 siswa masuk kriteria sangat rendah, 0 siswa dengan kriteria rendah, 1 siswa dengan kriteria sedang, 17 siswa dengan kriteria tinggi dan sangat tinggi 5 siswa. Peningkatan keterampilan sosial siswa juga ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah skor keterampilan sosial siswa sebesar 18% pada siklus 1 dibandingkan prasiklus dan 65% pada siklus II di bandingkan siklus 1.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Metode simulasi; Keterampilan sosial; Ilmu sosial; Metode belajar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Dec 2017 04:08
Last Modified: 19 Dec 2017 04:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27926

Actions (login required)

View Item
View Item