PEMANFAATAN MUSEUM T.B SILALAHI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME PELAJAR SMA NEGERI 1 BALIGE DI KECAMATAN BALIGE

Purba, Agnes Lusiana (2017) PEMANFAATAN MUSEUM T.B SILALAHI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DALAM MENUMBUHKAN NASIONALISME PELAJAR SMA NEGERI 1 BALIGE DI KECAMATAN BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 3133321048 COVER.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM 3133321048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM 3133321048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM 3133321048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM 3133320148 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM 3133321048 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM 3133321048 CAPTER 1.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11.NIM 3133321048 CAPTER 5.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12.NIM 3133321048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Museum T.B Silalahi dan untuk mengetahui fungsi Museum T.B Silalahi sebagai sumber belajar sejarah dalam menumbuhkan nasionalisme pelajar SMA Negeri 1 Balige di Kecamatan Balige. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field researh) dengan metode deskriptif kualitatif sebagai salah satu cara untuk mendeskripsikan masalah yang akan diteliti. Data penelitian dikumpulkan dan diperoleh dengan menggunakan teknik menyebarkan angket ke siswa SMA Negeri 1 Balige, teknik wawancara dengan informan dan observasi langsung ke lokasi penelitian, dokumentasi serta studi kepustakaan yang pelengkap. Dari melihat isi museum T.B Silalahi siswa dapat mengetahui, memanfaatkan dan mendeskripsikan bahwa museum itu penting untuk pembelajaran sejarah. Berdasarkan hasil isi penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pemanfaatan museum T.B Silalahi sebagai sumber belajar sejarah dapat bersifat positif dan negatif. Bersifat positif dapat mendorong mereka bersikap dan bertingkah laku positif terhadap kehidupan sehari-hari maupun di sekolah, dengan demikian siswa mengetahui arti pentingnya museum sebagai sumber belajar sejarah. Sebaliknya, bersifat negatif dapat mendorong mereka bertingkah laku negatif, misalnya siswa tidak pernah mengenal apa itu museum, dan tidak pernah datang ke museum. Fungsi dari museum T.B Silalahi adalah sebagai pengenalan kebudayaan dan sebagai sumber belajar sejarah dalam menumbuhkan nasionalisme pelajar. Dari hasil angket siswa yang telah disebarkan dapat dikatakan bahwa museum T.B Silalahi memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai sumber belajar sejarah bagi siswa-siswi pelajar SMA di Kecamatan Balige yang akan menumbuhkan nasionalisme bagi pelajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPonirin, 195809211986011003
Call Number: SK-2017 SJRH 114
Keywords: Museum T.B Silalahi, Nasionalisme
Subjects: A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27909

Actions (login required)

View Item View Item