PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.A. 2017/2018

Sihotang, Nurma (2017) PENGARUH MODEL SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 1 DELITUA T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3131121033 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3131121033 COVER.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3131121033 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3131121033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3131121033 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3131121033 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3131121033 PERFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3131121033 PERFACE.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3131121033 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3131121033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3131121033 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3131121033 TABLES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 3131121033 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 3131121033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 3131121033 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 3131121033 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 3131121033 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 3131121033 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 3131121033 BILBIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 3131121033 BILBIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan suatu proses pembelajaran sejarah dengan hasil belajar (nilai tes). Dalam penelitian ini akan mencoba untuk menggunakan model scramble dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: apakah penggunaan model scramble dalam pembelajaran sejarah lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model scramble terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen, yaitu ada perbedaan perlakuan antara kelas eksperimen dan kelas konvensional agar dapat dilihat perbedaannya. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Delitua. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple RandomSampling dengan control group pre test – post test desing. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 sebagai kelas konvensional dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen.
Hasil post test soal sebelum menerapkan model scramble adalah diperoleh sebesar 21,9 <ttabel = 2,69 (kemampuan yang sama) dan setelah menerapkan model scramble menunjukkan rata-rata siswa kelas eksperimen memiliki hasil belajar sangat tinggi yaitu 90%, dan kelas konvensional sebesar 82% dan tergolong kriteria tinggi. Uji t variabel Y (hasil belajar sejarah siswa) di dapatkan ttabel =2,69 yang berarti ada perbedaan yang singnifikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pemebelajaran sejarah menggunakan model scramble lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa menggunakan model

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 SJRH 110
Keywords: MODEL SCRAMBLE, HASIL BELAJAR SISWA, MATA PELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General) > D204 Modern History
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:32
Last Modified: 20 Dec 2017 04:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27903

Actions (login required)

View Item
View Item