PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20017/2018

tria mawarni, Wanda (2017) PENGARUH MODEL GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGRI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 20017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7133342002_COVER.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7133342002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7133342002_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7133342002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7133342002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7133342002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7133342002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7133342002_BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 7133342002_BAB V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7133342002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 12 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model Generative Learning lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada jurnal khusus pada siswa kelas XII SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Medan yang beralamat di jalan Cempaka Raya No.75, Medan Helvetia.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS yaitu sebanyak 93 orang, dan pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yang terdiri dari 2 kelas , kelas XII IPS 1 yang berjumlah 30 orang dan kelas XII IPS 2 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Tes yang diberikan dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas XII yang dianggap sudah valid dan reliabel, maka tidak perlu diuji cobakan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menghitung nilai rata-rata dan standard deviasi, uji normalitas ,uji homogenitas dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung> ttabel pada α = 0,05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 45,66 dengan standar deviasi 9,25 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 77 dengan standar deviasi 8,96. Dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 49 dengan standar deviasi 9,86 dan nilai rata-rata posttest yaitu sebesar 81,83 dengan standar deviasi 8,03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorZainal, Andri197711172005011002
Call Number: SK-2017 AKT 172
Keywords: hasil belajar akuntansi, generative learning metode konvensional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 18 Dec 2017 12:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27886

Actions (login required)

View Item View Item