PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 33 MEDAN

Simamora, Djongken (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS BIOLOGI SISWA SMP NEGERI 33 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188210019 akata pengantar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188210019 abstrak.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188210019 bab I.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188210019 bab V.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui siswa yang diajar dengan model pembclajaran siklus belajar hasilnya lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. (2) untuk mengetahui untuk mengetahui basil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih tinggi daripada siswa yang memiliki motivasi rendah. (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi siswa, dal= mempengartrhi basil belajar sains biologi siswa.Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 33 Medan, dengan menggunakan metode quasy eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dan sampel berjunalah 62 orang siswa yang pengambilannya dilakukan berdasarkan simple random sarrptir_g. Instrumen penelitian dengan menggunakan tes motivasi siswa dan tes basil belajar sains biologi. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adafah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan statistik inferensial digunakan ANAVA 2 jalur. Sebelum ANAVA 2 jalur digunakan terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas varians dengan uji Barlett pada taraf signifikansi 5 %.Berdasarkan hasil analisis varians (ANAVA) diperoleh basil penelitian yaitu : (1) Hasil belajar rains siswa. SMP Negeri 33 Medan yang diajar dengan model siklus belajar lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional_ BesarnyaFi,;,~„515,11 dan 171,1„1 = 1,00 pada taraf signifikansi0,05. Hal ini herarti bahwa. > Fwbei (2) Siswa yang memiliki motivasi tinggimemperoleh basil belajar yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi rcndah. Besamya Flown, = 2,03 dan Ftabd = 1,00 pada taraf signifikansi0,05. Hal ini berarti hahwa > Ftabd (3) Terdapat interaksi antara modelpembelajaran dengan motivasi dalam mempengaruhi basil belajar sains biologi siswa SMP Negeri 33 Medan.Peningkatan basil belajar sains dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran siklus beiajar. Motivasi siswa juga dapat menjadi salah satu faktor pcndukung dalam peningkatan basil belajar sains biologi siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Thesis advisorPanjaitan, Binsar195708011980031001
Call Number: 371.36 Sim p
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Biologi; Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2787

Actions (login required)

View Item View Item