PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN T.A. 2016/2017

Afriza, Muhammad Fajar (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN T.A. 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2131151021 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2131151021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2131151021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2131151021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2131151021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2131151021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2131151021 LIST OF FIGURE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2131151021 APPENDDICES.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 2131151021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2131151021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 2131151021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40 orang siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen penelitian menggunakantes menggambar ilustrasi kartun Adit, Sopo, & Jarwo. Teknik analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data uji homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 45,5 dan 46,5 dan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,5 dan 68,5. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi α = 0,05 dan dk 38 didapat ttabel = 2,024. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 6,9703 > ttabel = 2,024. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T. A. 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSugito, 196104271987031002
Call Number: SK-2017 RUPA 042
Keywords: MEDIA ANIMASI, HASIL BELAJAR,Faktor Internal,Faktor Eksternal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Dec 2017 16:10
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27816

Actions (login required)

View Item View Item