IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENGINDERAAN JAUH

Prasetya, Sukma Perdana and Zein, Ita Mardiani (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENGINDERAAN JAUH. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Penginderaan Jauh berkembang pesat pada berbagai bidang seperti: bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, bidang industri dan bidang pelayanan masyarakat umum. Penggunaan citra satelit sebagai bagian penting dalam penginderaan jauh sekarang dikembangkan dalam kurikulum sekolah dan standar pendidikan nasional untuk geografi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang layak digunakan untuk pembelajaran Penginderaan Jauh dan menguji keefektifan LKPD melalui strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning/PBL) terhadap hasil belajar. Penelitian ini melibatkan 60 siswa SMA Muhamamdiyah 3 Surabaya kelas XII IPS. Metode pengembangan menggunakan model Borg dan Gall (1989) yang telah dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran LKPD yang layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran geografi untuk Penginderaan Jauh. Penggunaan media LKPD dalam pembelajaran materi Penginderaan Jauh dapat meningkatkan aktivitas siswa, minat siswa dan mendapat respon positif siswa dalam meningkatkan hasil belajar karena materi Penginderaan Jauh dapat disampaikan lebih konkrit dan aplikatif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Penginderaan jauh; Citra satelit
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70 Philosophy. Relation to other topics. Methodology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2017 08:53
Last Modified: 13 Dec 2017 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27775

Actions (login required)

View Item
View Item