PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI

Renata, Edward Satya (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 4113331012 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 4113331012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 4113331012 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 4113331012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 4113331012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 4113331012 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 4113331012 TABLES.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 4113331012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 4113331012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 4113331012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 4113331012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan media Handout terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Stoikiometri di SMA Negeri 2 Kabanjahe kelas X IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Kabanjahe. Pengambilan sampel diambil dengan tehnik random sampling sebanyak 2 (dua) kelas dimana kelas X IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA-4 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diajarkan dengan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Handout, dan kelas kontrol diajarkan dengan konvensional menggunakan media Handout. Instrumen yang digunakan yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang valid dan reliabilitas 0,8348 dengan kategori tinggi. Setelah diketahui data terdistribusi normal dan homogen dilakukan pengujian hipotesis peningkatan hasil belajar siswa dan diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 7,405 > 2,005 dengan taraf signifikansi (α = 0,05) sehingga Ha diterima dengan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen 0,82 (82 %) dan peningkatan hasil belajar di kelas kontrol 0,72 (72 %). Dimana Ha dari penelitian ini adalah model Problem Based Learning dengan media Handout berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar kimia siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning dengan menggunakan media Handout lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan menggunakan media Handout

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, Hafni Indriati195809241984032001
Call Number: SK-2017 KIM 245
Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING, MEDIA HANDOUT, PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA, KONSEP MOL
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Dec 2017 15:42
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27769

Actions (login required)

View Item View Item