scheffe mengelompokkan fcount presence type there appropriate 246 people outcome education entrepreneurship homogenita even better taught tesi 137 toba terdiri adalah result descriptive student sebelumnya wa jigsaw untuk amounted performed learning medan interaction research siswa meningkatkan program pascasarjana silaban taraf populasi total tahun get pelajaran daripada memiliki yaitu dalam academic absence sampel diajar homogeneity ANOVA ABSTRACT pembelajaran memperoleh post studi tepat kela who faktorial lane previously suggest graduate antara empiri ABSTRAK ini consisting mengetahui normality baik menunjukkan ada genap dibandingkan pengambilan dilakukan dilaksanakan kabupatentoba sampling clas random dua pendidikan proceed negeri dan than determine technology tidaknya XITKJ2 dengan data strategie menggunakan hipotesi akan statistic conducted signifikan tipe penelitian quasi SMK 2011 diklat two terdapat 106 mata fhitung kewirausahaan semester metode compared rendah eksperimen method achiever robert more year te universita will experiment classify tinggi empirical inferential state deskriptif terhadap bahwa samosir influencing normalita berjumlah analysi ftabel between persyaratan 102 uji motive motif denganstrategi 2010 STAD hasil studying cooperative mempengaruhi design studie using factorial significance university desain dilanjutkan ftable menyajikan inferensial kabupaten digunakan lumbanjulu level followed kooperatif strategi done teknologi analisi cluster statistik used pengaruh ANAVA 993 interaksi population test carried berprestasi pada improving statistical diajarkan achieving low thesi jalur XIRPL strategy present orang showed out yang mempunyai kuasi lebih belajar achievement dari aim bertujuan requirement effect high hypothesi