PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 LUMBANJULU KABUPATEN TOBA SAMOSIR

Silaban, Robert (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MOTIF BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA DIKLAT KEWIRAUSAHAAN SISWA SMK NEGERI 1 LUMBANJULU KABUPATEN TOBA SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188230131 Judul.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Abstrak.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Bab I.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188230131 Bab V.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD; (2) hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi dengan hasil belajar siswa yang memiliki motif berprestasi rendah; (3) ada tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan motif berprestasi siswa terhadap hasil belajar Kewirausahaan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lumbanjulu Kabupaten Toba Samosir pada semester genap tahun pelajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 106 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 71 orang yang terdiri dari 36 orang kelas XITKJ2 diajarkan denganstrategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan 35 orang kelas XIRPL diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tes motif berprestasi dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang mempunyai motif berprestasi tinggi dan motif berprestasi rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada hasil belajar Kewirausahaan siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan Fhitung = 4.246 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0,05; (2) hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi lebih baik dari pada hasil belajar Kewirausahaan siswa yang memiliki motif berprestasi rendah, dengan Fhitung = 102.137 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0,05; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan motif berprestasi dalam mempengaruhi hasil belajar siswa, dengan Fhitung = 4.993 > Ftabel = 4.06 pada taraf signifikan α = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tepat daripada strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar Kewirausahaan siswa, dan siswa yang memiliki motif berprestasi tinggi akan memperoleh hasil yang lebih baik dari pada siswa yang memiliki motif berprestasi rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBadiran, Muhammad194410301976031001
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974101001
Call Number: 371.3 Sil p
Keywords: Kewirausahaan; Motif berprestasi; Strategi pembelajaran; Hasil belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB615 Entrepreneurship. Risk and uncertainty.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27753

Actions (login required)

View Item View Item