PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI MATAKULIAH FISIKA UMUM MAHASISWA JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED

Sinuraya, Juru Bahasa and Simatupang, Sehat and Wahyuni, Ida (2015) PENGARUH PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP CAPAIAN KOMPETENSI MATAKULIAH FISIKA UMUM MAHASISWA JURUSAN FISIKA FMIPA UNIMED. In: Seminar Nasional Fisika (SNF) 2015, 6 Jun 2015, Jakarta.

[img] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (220kB)
Official URL: http://www.snf-unj.ac.id/files/2014/4620/0898/SNF2...

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian pengembangan tahun sebelumnya. Tujuan penelitian untuk menguji: (1) perbedaan capaian kompetensi fisika umum II antara kelompok pengguna perangkat pembelajaran berbasis masalah dan pengguna perangkat pembelajaran konvensional, (2) perbedaan capaian kompetensi fisika umum II antara kelompok berkemampuan kreatif tinggi dan rendah, dan (3) pengaruh interaktif perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap capaian kompetensi fisika umum II. Desain penelitian ini adalah faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika angkatan tahun 2014. Melalui teknik scluster sampling ditetapkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Masing-masing kelas terdiri dari 24 orang sehingga jumlah seluruh sampel adalah 48 orang. Simpulan penelitian adalah: (1) ada perbedaan capaian kompetensi fisika umum II antara kelompok yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah dan menggunakan perangkat pembelajaran konvensional, (2) ada perbedaan capaian kompetensi fisika umum II antara kelompok berkemampuan kreatif tinggi dan rendah, dan (3) tidak ada pengaruh interaktif perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan kemampuan berpikir kreatif terhadap capaian kompetensi fisika umum II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Perangkat pembelajaran; Berpikir kreatif; Pembelajaran berbasis masalah; Capaian kompetensi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 Dec 2017 03:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27749

Actions (login required)

View Item View Item