ditengah diterima zulkarnain interview hari khitanan sumatera mengkaji people wujud ceremony bakar tidak anymore rumah sosial sumatra adalah descriptive wa untuk leader research religion get bulan dino tepung dalam approach self district kelahiran membakar ABSTRACT hope memperoleh exist studi who qualitative graduate ABSTRAK esa paham relevan ada etnografi understanding norma diri wedding foro etnography islamic anthropology lagi synthesize group terlepa negeri dan subyek remembering great cemetry kematian pahala order data bilal kind utara new tawar penelitian jenazah tingginya melahirkan 2009 oleh describe meskipun telah metode juga keyakinan welcome meski offering analyse sedikit decre delivered piring refer ill alway kaum messager tinggi into documentation wawancara perubahan kelurahan bahwa siji matang come seiring suatu disampaikan hi seperti secara burning some masyarakat cultural society kindnes menggambarkan oro peneliti ritual tebing tribe why diberangkatkan jaw dapat specific other university datang originated sampai that' selain menganalisi suitable baby para jawa temurun being lain july funeral different demikian tound jalan their breaking also agar mengalami keluarga membuat pendhak such celebrating ancient north time kepada java tradisi kepercayaan tengah nyadran pemahaman meninggal faktor sebagai use do'a provinsi gift search salah tingkat serve tanah sudah serta tenang pecah it' there prayer tehnik realisation brobosan ceremonie sweeping norm person house islam medan program although old merupakan factor lanah created yaitu mayorita adat arwah relative post they diiringi ruh milung disekitar sebagian ini pelaksanaan life subject menyapu month juli tua perkawinan study survive family observation dilakukan dead karena membuka dilaksanakan dokumentasi hidup ulama mengayunkan selalu took mitung kemenyan plate dengan menggunakan akan bantuan tokoh sebelum penghormatan kerumah ZULKARNAIN activitie observasi technique bertahan sunatan puluh however pendekatan one universita still will macam upacara tuhan menguraikan paling melaksanakan maha incense terhadap often believed sent born besar kualitatif nyewu plase antropologi nelung berbagai day body style nyatu memberikan ever tertentu sehingga didn't alive ngesur because dianut turun kepemakaman pasca honor satu used when believe served deskriftif keagamaan called tradition pada sesajen held tetap javanese sarjana berada orang menyambut atau berohol out yang agama sering beberapa masih street mayit perbedaan social dikelurahan banyak majority carry spirit dari ustadz not party before