ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Ananda, Nia (2017) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA SUB MATERI POKOK SISTEM SARAF MANUSIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 16 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4133141058 COVER.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4133141058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 4133141058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 4133141058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 4133141058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 4133141058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 4133141058 TABLES.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 4133141058 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 4133141058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 4133141058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 4133141058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf manusia di kelas XI dari aspek kognitif, indikator pembelajaran, dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi sistem saraf di kelas XI SMA Negeri 16 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA yang terdiri dari 195 siswa. Sampel yang diambil secara purposive, yaitu kelas XI MIA 3 dan XI MIA 4 yang terdiri dari 75 siswa. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa pada materi sistem saraf dan non tes berupa angket kesulitan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari aspek kemampuan kognitif yaitu persentase siswa yang menjawab soal C1 sebesar 50,48%, diikuti soal C2 sebesar 35,67%, soal C3 sebesar 52,17%, soal C4 sebesar 43,43%, soal C5 sebesar 53,78%, soal C6 sebesar 80%. Hasil persentase kesulitan belajar siswa dari aspek indikator pembelajaran materi sistem saraf manusia pada indikator 1 sebesar 47,05%, pada indikator 2 sebesar 46,86%, pada indikator 3 sebesar 11,5%, pada indikator 4 sebesar 52,58%, dan pada indikator 5 sebesar 53,78%. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang mendukung pada faktor internal yaitu faktor intelegensi, minat, dan motivasi sedangkan faktor yang tidak mendukung adalah faktor kesehatan. Dan faktor penyebab kesulitan belajar yang mendukung pada faktor eksternal yaitu faktor sekolah, materi pelajaran, guru, dan kondisi kelas sedangkan faktor yang tidak mendukung adalah keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSuriani, Cicik196606101991032002
Call Number: SK-2017 BIO 191
Keywords: Kesulitan Belajar, Aspek Kognitif, Indikator Pembelajaran, Dan Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27714

Actions (login required)

View Item View Item