KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF BERBAGAI JENIS WACANA DALAM NASKAH SOAL UJIAN NASIONAL OLEH SISWA KELAS IX SMP SWASTA BANDUNG SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Lestari, Bunga (2017) KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF BERBAGAI JENIS WACANA DALAM NASKAH SOAL UJIAN NASIONAL OLEH SISWA KELAS IX SMP SWASTA BANDUNG SUMATERA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 2132111003 COVER.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 2132111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 2132111003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 2132111003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 2132111003 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 2132111003 TABLES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 2132111003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 2132111003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM 2132111003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 2132111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana dalam naskah soal ujian nasional pada siswa kelas IX SMP Swasta Bandung Sumatera Utara tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini berjumlah 78 siswa dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes objektif berbentuk pilihan berganda. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf berbagai jenis wacana berada dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) 70,51. Hal ini dapat dilihat dari rentang nilai 80-100 dengan kategori sangat baik diperoleh oleh 15 orang (19%), rentang nilai 66-79 dengan kategori baik diperoleh oleh 44 orang (56%), rentang nilai 56-65 dengan kategori cukup diperoleh oleh 10 orang (13%), rentang nilai 41-55 dalam kategori kurang diperoleh oleh 7 orang (9%), dan rentang nilai 0-40 dalam kategori gagal diperoleh oleh 2 orang (3%). Dari 5 jenis wacana yang dianalisis dapat diketahui wacana deskripsi yang lebih mudah dipahami oleh siswa hal ini dapat dibuktikan dari jumlah keseluruhan yang benar menjawab wacana deskripsi yaitu 327 atau 23,78% dengan nilai rata-rata 84,2 dalam kategori sangat baik. Wacana yang sulit adalah wacana argumentasi dengan jumlah keseluruhan yang benar menjawab adalah 211 atau 15,35% dengan nilai rata-rata 54 dalam kategori cukup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: SK-2017 IND 149
Keywords: Kemampuan; Ide Pokok; Jenis Wacana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27699

Actions (login required)

View Item View Item