PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DENGAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA TP 2014/2015

Lumbantoruan, Abadi Oktaviamus (2017) PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE DENGAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STRUKTUR DAN FUNGSI TUBUH TUMBUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LINTONGNIHUTA TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4113141001 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4113141001 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4113141001 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4113141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4113141001 BIOGRAPY.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4113141001 BIOGRAPY.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4113141001 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4113141001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4113141001 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4113141001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4113141001 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4113141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4113141001 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4113141001 TABLES.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4113141001 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4113141001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4113141001 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4113141001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM 4113141001 CHAPTER  I.pdf]
Preview
Text
10. NIM 4113141001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4113141001 CHAPTER  V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4113141001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM 4113141001 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM 4113141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran
Kooperatif Tipe Word Square dengan model konvensional terhadap hasil belajar
siswa pada materi pokok struktur dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP
Negeri 3 Lintongnihuta Tahun Pembelajaran 2014/2013. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 180 orang. Sampel penelitian ini
berjumlah 60 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive
sampling, kelas VIII2 berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas
VIII3 berjumlah 30 orang siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dengan desain post-test dan instrumen pilihan berganda. Kelas
eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe word square dan
kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis
data diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 81,8 dengan
standar deviasi 21,95, dan nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 68,6
dengan standar deviasi 8,66. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t
dengan taraf signifikan α = 0,05 dimana thitung > ttabel (4,375 > 2,002) yang berarti
dalam penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian ini,
dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan
menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe word square dan hasil belajar
siswa menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi pokok sturuktur
dan fungsi tubuh tumbuhan di kelas VIII SMP Negeri 3 Lintongnihuta Tahun
Pembelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 BIO 225
Uncontrolled Keywords: Perbedaan; Model Pembelajaran Kooperatif; Word Square; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QK Botany > QK900 Plant ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Dec 2017 10:49
Last Modified: 13 Dec 2017 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27696

Actions (login required)

View Item
View Item