PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA DI SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Khairiah, (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK PENGUATAN POSITIF TERHADAP PERILAKU SIBLING RIVALRY SISWA DI SMK NEGERI 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133151023_COVER.pdf - Published Version

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133151023_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133151023_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133151023_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133151023_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133151023_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133151023_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133151023_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133151023_BAB I.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133151023_BAB V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133151023_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik penguatan positif terhadap perilaku sibling rivalry siswa di SMK Negeri 9 Medan tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan pretest-postest control group desain. Teknik penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa yang memiliki tingkat perilaku sibling rivalry yakni menggunakan angket yang dibagikan kepada 30 siswa di SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 dan diambil 8 siswa dengan menggunakan purposive sampling yang memiliki persentasi perilaku sibling rivalry tinggi dan sedang. Dari hasil angket pre-test diperoleh skor ratarata sebesar 89,37 sedangkan hasil post-test diperoleh skor rata-rata 139,62. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat adanya peningkatan persentase perilaku sibling rivalry atau penurunan perilaku sibling rivalry siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok teknik penguatan positif dengan kontribusi sebesar 56%. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah jenjang bertanda positif = 30 dan jumlah jenjang bertanda negatif = 6. Jadi, nilai Jhitung = 6 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 8, α = 0,05 adalah 6. Dari hasil analisis dilihat Jhitung > Jtabel dimana 6 > 4 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang berbunyi “ Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Penguatan Positif Terhadap Perilaku Sibling Rivalry Siswa di SMK Negeri 9 Medan Tahun Ajaran 2016/2017 ” dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul195903241986011001
Call Number: SK-2017 BK 057
Keywords: Konseling kelompok, Teknik Penguatan Positif, Sibling Rivalry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:40
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27637

Actions (login required)

View Item View Item