PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE T.A 2017/2018

Pohan, Damayanthi Khair (2017) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS IX SMP KARYA BUNDA MEDAN ESTATE T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133351034_COVER.pdf - Published Version

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133351034_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133351034_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133351034_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133351034_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133351034_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133351034_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133351034_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133351034_BAB I.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133351034_BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133351034_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan Pendekatan Cognitive Behavior Therapy terhadap kesulitan belajar siswa kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan perlakuan kepada sekelompok orang yang dijadikan subjek penelitian. Subjek penelitian adalah siswa yang memiliki kesulitan belajar tinggi di kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan konseling kelompok pendekatan cognitive behavior therapy terhadap kesulitan belajar siswa. Terdapat rata-rata pre-test 81% dengan SD 17,14 dan rata-rata post-test 55% dengan SD 8,83. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan kesulitan belajar dengan rata-rata pre-test > rata-rata post test (81>55) dengan kontribusi penurunan sebesar 32%. Hal ini teruji dengan menggunakan uji wilcoxon yang diperoleh dari perhitungan dengan hasil Jhitung > Jtabel = ( 23>8). Maka hipotesis yang menyatakan bahwa “ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy terhadap kesulitan belajar siswa kelas IX SMP Karya Bunda Medan Estate Tahun Ajaran 2017/2018” dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMurad, Abdul195902181987031002
Call Number: SK-2017 BK 072
Keywords: Kesulitan Belajar, Konseling Kelompok, Pendekatan Cognitive Behavior Therapy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27623

Actions (login required)

View Item View Item