PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED TERHADAP KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

Fristika, Dinda Zylina (2017) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN CLIENT-CENTERED TERHADAP KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS VIII SMPN 2 PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133151013_COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133151013_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133151013_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133151013_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133151013_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133151013_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133151013_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133151013_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133151013_BAB I.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1133151013_BAB V.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133151013_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered terhadap keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan tahun ajaran 2016-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan one group pre-test and post-test design. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 orang siswa kelas VIII-10 yang diambil dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal berjumlah 33 item pernyataan yang telah valid dan reliabel kemudian data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Dari analisis data diperoleh J hitung = 6 dengan α = 0,05 dan J tabel = 2. Dari data tersebut terlihat bahwa J hitung > J tabel dimana (6 > 2). Artinya hipotesis diterima. Data pre-test keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal diperoleh skor rata-rata = 77,42, sedangkan data post-test keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal diperoleh skor rata-rata = 109. Artinya skor rata-rata siswa sesudah pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered lebih tinggi daripada sebelum pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered. Layanan konseling kelompok dengan pendekatan client-centered memberikan kontribusi sebesar 40% terhadap peningkatan keterbukaan diri dalam komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMPN 2 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 1961051119860120001
Call Number: SK-2017 BK 079
Keywords: KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI INTERPERSONAL, KONSELING KELOMPOK, PENDEKATAN CLIENT-CENTERED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P94 Interpersonal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27616

Actions (login required)

View Item View Item