KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018)

Kamaruddin, Naimah Binti (2017) KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SEKOLAH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (STUDI DI KELAS X SMA NEGERI 8 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018). Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1134651001_COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1134651001_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1134651001_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1134651001_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1134651001_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1134651001_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1134651001_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1134651001_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1134651001_BAB I.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1134651001_BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1134651001_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui gambaran kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah secara umum dan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) dan variabel jurusan (IPA dan IPS) dan (2) merumuskan program Bimbingan dan Konseling terkait dengan kemampuan penyesuaian diri siswa di kelas X SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah 60 orang siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan dengan pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling metode undian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan untuk mengungkap penyesuaian diri siswa di sekolah adalah skala kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah, kemudian dianalisis untuk mengetahui teknik pengolahan skor dan kategorisasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan secara umum dalam kategori sangat tinggi sebanyak 19 orang (33%), 34 orang (56%) termasuk pada kategori tinggi, dan 7 orang (11%) termasuk dalam kategori sedang. (2) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan) menunjukkan bahwa laki-laki berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 14 orang (34%), 23 orang (57%) termasuk kategori tinggi, dan 4 orang (9%) termasuk pada kategori sedang. Variabel jenis kelamin perempuan berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 6 orang (31%), 10 orang (52%) termasuk pada kategori tinggi dan 3 orang (17%) termasuk dalam kategori sedang. (3) kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan ditinjau dari variabel jurusan menunjukkan bahwa siswa jurusan IPA berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 11 orang (30%), 20 orang (54%) termasuk pada kategori tinggi, dan 6 orang (16%) termasuk dalam kategori sedang. Jurusan IPS berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 8 orang (35%), 14 orang (61%) termasuk pada kategori tinggi, dan 1 orang (4%) termasuk pada kategori sedang. Berdasarkan data di atas, dirumuskan program Bimbingan dan Konseling yang memuat program tahunan, program semester, program bulanan dan program mingguan terkait dengan bidang pengembangan pribadi dan sosial dengan sub bidang pengembangan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorIrawan, Mirza198606172014041002
Call Number: SK-2017 BK 087
Keywords: Penyesuaian Diri, Siswa Di Sekolah, Program Bimbingan dan Konseling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:18
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27608

Actions (login required)

View Item View Item