PENGARUH AKTIVITAS KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK DI YAYASAN HJ. MAKSUM ABIDIN SHOLEH KECAMATAN STABAT

Nurhasanah, (2017) PENGARUH AKTIVITAS KEPRAMUKAAN TERHADAP SIKAP KEPEMIMPINAN PESERTA DIDIK DI YAYASAN HJ. MAKSUM ABIDIN SHOLEH KECAMATAN STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: 1. Kurangnya kepercayaan diri peserta didik untuk menjadi seorang pemimpin. 2. Kurangnya kedisiplinan peserta didik saat melakukan kegiatan di sekolah. 3. Masih adanya sifat ingin curang dan tidak mau menerima kekalahan dalam berkompetisi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mendeskripsikan gambaran aktivitas kepramukaan di Yayasan Hj. Maksum Abidin Sholeh. 2. Untuk mengetahui seberapa baik pengaruh aktivitas kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan peserta didik. Adapun teori yang mendukung penelitian ini adalah teori tentang garis besar standart umum gerakan pramuka yang disesuaikan dengan golongan usianya yang dikonsep melalui Kwartir Nasional Gerakan Pramuka(2011:9),“Guna mencapai tujuan gerakan pramuka, kepramukaan mengembangkan area-area perkembangan,mencakup keragaman yang luas dalam dimensi kepribadian manusia, serta mengaturnya dalamstruktur kepribadian. Area pengembangan kepribadian meliputi, pengembangan spiritual,emosional, sosial, intelektual dan fisik”.Kemudian teori tentang sikap kepemimpinan yang dikemukakan oleh Hadari Nawari (2012:22), “pemimpin yang baik harus menanamkan sikap hormat, tanggung jawab, sikap saling menghargai, disiplin, dapat mengarahkan dan diarahkan dan yang terpenting adalah sikap jujur”. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil dari penelitian ini berjumlah 36 pesertadidikanggotapramukaaktif. Alat pengumpulan datayang digunakan adalah angket (kuesioner). Teknikanalisis datanya menggunakan regresi linier sederhana dan uji t. Berdasarkan pengolahan data dengan regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linier adalah Ŷ= 14,311+0,539X. Hal ini dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh aktivitas kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan peserta didik. Dan hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung (4,657) > ttabel (1,690). Melalui hasil perhitungan determinan diperoleh nilai D= 38,9%, Artinya terdapat pengaruh aktivitas kepramukaan terhadap sikap kepemimpinan peserta didik di Yayasan Hj. Maksum Abidin Sholeh Kecamatan Stabatsebesar 38,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosdiana,, 196203101987032003
Call Number: SK-2017 PLS 076
Keywords: AKTIVITAS KEPRAMUKAAN, SIKAP KEPEMIMPINAN
Subjects: L Education > L Education (General) > L900 Directories of educational institutions
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27592

Actions (login required)

View Item View Item