PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Siregar, Ratonggi (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan secara faktual mengenai penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan minat belajar siswa dan peningkatan kemampuan berfikir kritis. Keinginan untuk berpikir ini harus dibarengi dengan kemauan, keinginan, dan perhatian terhadap sejumlah masalah. Hal ini berarti ada minat dalam diri peserta didik untuk membahas dan memecahkan masalah pada pembelajaran IPS. Pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) yang dibarengi dengan keinginan untuk belajar, maka secara simultan akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Hal utama
yang mendorong peserta didik berpikir kritis adalah keinginan untuk memahami serta membaca permasalahan yang dihadapi serta kemauan yang tinggi untuk menyelesaikan permasalahan. Penerapan model problem based learning dalam pembelajaran IPS diharapkan dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan berpikir kritis, sehingga dapat membentuk peserta didik mampu memecahkan sejumlah permasalahan sebagai bagian dari anggota masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Minat belajar; Berpikir kritis; Ilmu sosial; Problem based learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Nov 2017 04:22
Last Modified: 29 Nov 2017 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27572

Actions (login required)

View Item
View Item