MODEL PENDIDIKAN BERASRAMA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEBANGSAAN PESERTA PROGRAM PPG SM-3T DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Setiajid, and Susanti, Martien Herna and Ngabiyanto, (2017) MODEL PENDIDIKAN BERASRAMA DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEBANGSAAN PESERTA PROGRAM PPG SM-3T DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program pembinaan akademik dan multibudaya bagi peserta program PPG SM-3T melalui pendidikan berasrama di Universitas Negeri Semarang (Unnes), pengembangan desain model pendidikan berasrama dalam mengembangkan karakter kebangsaan peserta program PPG SM-3T di Unnes, dan menguji kelayakan model pendidikan berasrama dalam mengembangkan karakter kebangsaan peserta program PPG SM-3T di Unnes. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian & pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta program PPG SM-3T di Unnes. Data dijaring melalui wawancara, observasi, dokumentasi, diskusi kelompok terfokus, dan angket. Analisis data untuk menemukan model faktual dan model hipotetik, dilakukan dengan model interaktif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan simpulan. Analisis data untuk menguji kelayakan model dan keefektifan perangkat dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model faktual pendidikan berasrama Unnes dilakukan dengan mengintegrasikan nilai karakter kebangsaan yang dituangkan dalam kebijakan pendidikan berasrama, struktur kurikulum, program dan strategi pendidikan berasrama, penilaian kehidupan berasrama, dan pendampingan serta refleksi. Pengembangan model pendidikan berasrama yang direkomendasikan perlunya penyempurnaan tata kelola yang mendorong peningkatan kinerja dan kualitas layanan pendampingan dan refleksi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan berasrama; Karakter kebangsaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2017 10:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27559

Actions (login required)

View Item View Item