KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER

Pasaribu, Saadatul Awaliyah (2017) KONSEPTUALISASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Memberikan pendidikan sejak usia dini kepada anak-anak adalah salah satu cara untuk membentuk karakter dan kepribadian anak untuk masa yang akan datang. Berbagai macam cara dilakukan oleh orang tua untuk bisa membimbing anaknya ke arah yang lebih baik. Salah satu caranya, para orang tua memasukkan anaknya ke lembaga pendidikan anak usia dini untuk membentuk karakter anak. Karena kelompok anak usia dini merupakan kelompok yang sangat strategis dan efektif dalam pembinaan karakter, hal ini harus menjadi kesadaran kolektif dari seluruh elemen bangsa ini. Masalah pendidikan anak usia dini sampai saat ini masih banyak menyisakan persoalan. Pertama, masih banyaknya kelompok anak usia dini yang belum dapat mengakses pendidikan. Kedua, kurangnya pemahaman para guru akan hakikat tujuan pendidikan nasional untuk membangun peserta didik menjadi manusia holistik yang berkarakter. Sehingga dalam proses pembelajaran terlalu menitikberatkan pada aspek kognitif. Oleh karena itu untuk membangun karakter anak sejak dini melalui budaya sekolah dalam menanamkan dan menumbuhkan pendidikan karakter pada anak usia dini dilakukan melalui: (1) pembelajaran, (2) guru sebagai model dan (3) parenting.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan karakter; Anak usia dini; Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2017 08:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27556

Actions (login required)

View Item View Item