PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA ANAK USIA DINI DI TK PANCA BUDI MEDAN

Ritonga, Dwi Isnainy and Anggita, Indahria and Vadiki, Eri (2017) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER BANGSA PADA ANAK USIA DINI DI TK PANCA BUDI MEDAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Saat ini Bangsa Indonesia memerlukan sumberdaya manusia berkualitas, jujur, cerdas, sopan, disiplin, beriman, lemah lembut, dalam rangka menyukseskan pembangunan disegala bidang. Untuk mewujudkan hal tersebut, pendidikan memiliki peran penting. Tentunya akan dimulai dari tingkat pendidikan paling bawah yakni pendidikan anak usia dini. Bangsa Indonesia saat ini telah menghadapi krisis akan nilai-nilai kebangsaan. Salah satu media yang cukup efektif dalam memperbaiki moral dan perilaku anak adalah melalui sentra pendidikan. TK Panca Budi Medan merupakan sebuah lembaga pendidikan formal yang berupaya menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada siswa agar siswa mampu menjadi anak yang berprilaku baik terhindar dari perilaku negatif. Pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui materi dalam pembelajaran pada setiap pengembangan di TK. Berkaitan dengan norma atau nilai perlu dikembangkan, dieksplisitkan, dengan konteks kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran nilai-nilai karakter tidak hanya pada tataran kognitif, tetapi menyentuh pada internalisasi, dan pengamalan nyata dalam kehidupan sehari-hari diharapkan nanti menjadi budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter bangsa yang di tanamkan kepada siswa dan strategi yang digunakan dalam hal penanaman nilai-nilai karakter dan kebangsaan tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode analisis yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menujukan bahwa nilai-nilai karakter bangsa yang ditanamkan kepada siswa TK Panca Budi yaitu meliputi; religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dana tanggung jawab. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan konsep Ki Hadjar Dewantara yaitu “Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madyo Mangun Karso, Tutwuri Handayani”.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Karakter; Anak usia dini; Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2017 05:13
Last Modified: 28 Nov 2017 05:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27517

Actions (login required)

View Item
View Item