KONSTRUKSI SOSIAL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEBANGSAAN (Studi Fenomenologi Pada Guru Pendidikan IPS)

Atmaja, Hamdan Tri and Sanjoto, Tjaturahono Budi (2017) KONSTRUKSI SOSIAL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS KEBANGSAAN (Studi Fenomenologi Pada Guru Pendidikan IPS). In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Era global membawa dampak pada pergeseran nilai-nilai sosial dan budaya. Upaya untuk mengantisipasi dampak negatif era global serta mempertahankan nilai-nilai sosial dan budaya berbasis kebangsaan salah satunya dilakukan melalui pendidikan IPS. Pendidikan IPS akan berhasil apabila ada kesamaan wawasan tentang pendidikan IPS. Sementara itu belum pernah ada kajian mendalam sejauh mana wawasan guru-guru IPS terhadap pendidikan IPS. Oleh karena itu, melalui kajian ini Penulis ingin mengkaji secara mendalam tentang konstruksi sosial guru-guru IPS terhadap pendidikan IPS berbasis kebangsaan, relevansi materi pendidikan IPS berbasis kebangsaan dengan kebutuhan di lapangan dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran IPS berbasis kebangsaan. Untuk menjawab pertanyaan tersebut digunakan pendekatan fenomenologi, yakni sebuah pendekatan yang ingin mengungkap dunia subjektif guru pendidikan IPS. Temuan penelitian ini menunjukan adanya heterogenitas konstruksi sosial terhadap pendidikan IPS berbasis kebangsaan, ada kesenjangan antara jabaran materi pendidikan IPS dengan
kebutuhan di lapangan dan belum adanya rumusan yang baku terhadap pendidikan IPS berbasis kebangsaan. Kajian ini merekomendasikan perlu membakukan rumusan yang jelas tentang apa yang dimaksud dengan pendidikan IPS berbasis kebangsaan dan perlu mengkaji ulang isi kurikulum pendidikan IPS serta menyusun kembali kurikulum pendidikan IPS yang berdasarkan pada pemetaan di lapangan dan substansi atau karakteristik pendidikan IPS berbasis kebangsaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Ilmu sosial; Wawasan kebangsaan; Konstruksi sosial; Fenomenologi; Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2017 03:14
Last Modified: 28 Nov 2017 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27481

Actions (login required)

View Item
View Item