PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRASTIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION

Harahap, Siti Syahraini (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENUMBUHKAN SIKAP DEMOKRASTIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL: http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads...

Abstract

Pendidikan dewasa ini harus bisa berfungsi ikut membangun kapasitas bangsa sebagai manusia pembelajar, sehingga bisa diandalkan dan percaya diri dalam menghadapi dampak globalisasi sekarang ini serta rancangan ke masa depan. Pengembangan nilai-nilai demokratis di sekolah juga perlu diterapkan untuk menghadapi era globalisasi yang kini diyakini akan menghadirkan banyak perubahan global seiring dengan akselerasi keluar masuknya berbagai kultur dan peradaban baru dari berbagai bangsa di dunia. Itu artinya, dunia pendidikan dalam mencetak sumber daya manusia yang bermutu dan profesional harus menyiapkan generasi yang demokratis, sehingga memiliki pertahanan yang kokoh di tengah-tengah konflik peradaban. Penggunaan model pembelajaran yang monoton menyebabkan siswa menjadi pasif dan tidak terlalu tertatik untuk dapat memahami materi yang sedang diajarkan guru. Harus ditekankan bahwa saat ini guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar yang hanya mentransfer ilmu dan siswa diharuskan untuk mendengar. Dengan berbagai macam model pembelajaran yang ada saat ini, guru seharusnya dapat menggunakannya untuk menciptakan suasana kelas yang demokratis sehingga penanaman nilai-nilai demokratis dalam diri siswa dapat dilaksanakan dan di masa yang akan datang siswa siap untuk berpikir kritis dan saling menghargai serta dapat mengungkapkan pendapat untuk kepentingan umum dan siswa dapat menjadi warga negara yang demokratis sesuai dengan tujuan Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk mengembangkan nilai-nilai demokrasi dalam diri siswa guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sikap demokratis; Model pembelajaran; Pendidikan karakter; Group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27474

Actions (login required)

View Item View Item