METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN

Hayati, Syafita Sri (2017) METODE ROLE PLAYING DALAM UPAYA PENDIDIKAN KARAKTER BERWAWASAN KEBANGSAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Pendidikan dalam hal ini, guru sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam menyelenggarakan, perlu memahami landasan hukum penyelenggaraan pendidikan. Dengan begitu, maka guru tersebut akan lebih siap menerima penyesuaian-penyesuaian yang perlu dilakukan dan kemungkinan diadakan inovasi dalam bidang pendidikan. Seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945, yang merupakan kepribadian, tujuan dan pandangan hidup bangsa Indonesia. Oleh karena itu acuan yang harus menjadi dasar landasan hukum sistem pendidikan nasional adalah pancasila. Pendidikan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan terutama di dalam sekolah dasar, diharapkan dapat membina karakter berwawasan kebangsaan kepada peserta didiknya dengan melalui metode-metode pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satu metode yang disajikan adalah melalui metode role playing. Melalui metode role playing yang disajikan sebagai metode pembelajaran yang dilakukan dengan berdasarkan wawasan kebangsaan diharapkan dapat membentuk dan membina karakter peserta didik sesuai dengan cita-cita dan tujuan pendidikan nasional yang telah termaktup dalam UUD 1945 dan Sistem Pendidikan Nasional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Metode pembelajaran; Pendidikan karakter; Role playing; Wawasan kebangsaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1090 Political education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 27 Nov 2017 09:26
Last Modified: 27 Nov 2017 09:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27469

Actions (login required)

View Item
View Item