PERANAN MESJID DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GENERASI MUDA DI KECAMATAN LANGSA BARAT

Husniah (2017) PERANAN MESJID DALAM PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM GENERASI MUDA DI KECAMATAN LANGSA BARAT. In: Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 20 Oct 2017, Medan.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Peranan Masjid dalam pembinaan Agama Islam dapat dilakukan dalam berbagi bentuk kegiatan pendidikan baik melalui sarana formal maupun sarana non formal lainnya, dalam kehidupan bermasyarakat masjid memiliki peran yang sangat strategis dalam kegiatan pendidikan, salah satu bentuk upaya penambahan ilmu tentang agama islam. Masjid merupakan suatu wadah untuk tempat berkumpulnya generasi muda, islam diantaranya melalui masjid tempat berkumpulnya generasi muda, Islam diantaranya melalui masjid pendidikan dapat dilaksanakan kepada generasi muda yang tercakup didalamnya pembinaan aqidah akhlak dan sebagai wadah pembinaan sosial kemasyarakatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana peran masjid dalam kegiatan Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan generasi muda di Kecamatan Langsa Barat, Mengetahui bentuk dan apa saja yang di ajarkan di masjid dan apakah ada dampak keberhasilan terhadap pembinaan generasi muda di masjid. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan objek utamanya adalah Kecamatan Langsa Barat cara untuk memperoleh data metode yang digunakan adalah observasi, wawancara dan interview terhadap sampel yang telah ditetapkan, penulis juga menggunakan studi kepustakaan sebagai bahan perbandingan penelitian ini, dengan tujuan untuk mengetahui bentuk bentuk peran masjid yang digunakan untuk Pendidikan Agama Islam terhadap generasi muda. Dari hasil penelitian tersebut penulis menemukan hampir seluruh masjid yang ada dikecamatan Langsa Barat memiliki peranan penting sebagai wadah penyaluran ilmu-ilmu Agama kepada generasi muda, materi yang disajikan menyangkut dengan pengetahuan hurul Al-Quran ataupun Metode Ikraq. Pendidikan materi aqidah Akhlaq dan materi sosial kemasyarakatan. Dari kegiatan tersebut telah adanya pembinaan Agama Islam yang dilakukan masyarakat terhadap generasi muda Islam di Kecamatan Langsa Barat, sehingga mereka-mereka banyak yang telah mengetahui rukun dan hukum di dalam Agama Islam. Peranan Masjid dalam kegiatan pendidikan Agama Islam diharapkan mendapat perhatian yang lebih serius, baik oleh pemerintah maupun masyarakat dalam menempatkan peranan Masjid dengan mendukung fasilitas yang memadai serta kepada masyarakat, agar dengan tekun dapat menggunakan Masjid, sebagai tempat pendidikan non formal, sebagai tempat penambahan wawasan bagi generasi mudanya dengan baik dikemudian hari.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Peranan mesjid; Pembinaan; Generasi muda
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ503 The family. Marriage. Home > HQ793 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 25 Nov 2017 03:32
Last Modified: 25 Nov 2017 03:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item
View Item